30 April 2007


May Day, May Day....
[International Workers' Day or Labour Day]


May Day atau 1 Mei adalah tanggal yang akan selalu diingat oleh seluruh buruh se-dunia, karena hari itu merupakan hari buruh internasional.
Hari ketika para buruh bersatu untuk satu suara. Menuntut perbaikan nasib untuk bisa hidup lebih manusiawi.

Peringatan May Day tercipta dari peristiwa dua abad lalu di Amerika Serikat.
Tanggal tersebut pada tahun 1886 gerakan buruh di Amerika Serikat berhasil mewujudkan pengurangan jam kerja, yakni menjadi hanya 8 jam/hari.
Proses ini bukan semata proses yang mudah, namun melalui sebuah perjuangan berat, panjang dan melelahkan dan tidak mengenal rasa takut.
(gambar milik, quakerhouse.org)
Demo besar-besaran di AS, yang berlangsung di Chicago, Illinois, pada 1 Mei 1886. Aksi ini berujung pada kerusuhan dan penahanan para aktivis buruh pada tanggal 4 Mei.
Peristiwa tersebut dikenal dengan nama Haymarket Riot of 1886, yang kemudian dijadikan sebagai tanggal libur bagi kaum buruh.

Peristiwa May Day akan selalu menginspirasi gerakan buruh dunia untuk berani memperjuangkan hak haknya yang selama ini dihilangkan oleh kaum pemilik modal.

Penulis sendiri adalah buruh, yang senantiasa tidak puas dengan peraturan dan sistem yang ditetapkan oleh sang juaragan dan juga pemerintah RI.
-- Strike!!!, tuntut kenaikan upah, tolak politik upah murah, dukung 1 Mei sebagai hari libur kaum buruh --

No comments:

ayo nyumbang buku